Berikanlah hadiah kepada anak-anak kita!

Terkadang ada sebuah permasalahan dakwah selesai bukan dengan nasehat atau ceramah, namun selesai dengan hadiah.

Ada sebuah kisah dari ulama salaf yang mana dakwah beliau di ganggu oleh oknum yang kedudukannya di masyarakat terganggu karena adanya dakwah salaf. Lalu ulama tersebut mendengar bahwa yang mengganggu dakwahnya sedang sakit maka beliau menjenguk dan memberikan hadiah yang di letakkan di bawah bantalnya, dan setelah ulama tersebut kembali ke rumahnya di bukalah hadiah tidak tahunya berisi uang satu kantong penuh dan ia bergumam di dalam hatinya: “kenapa ia yang selalu aku ganggu dakwahnya memberikan hadiah sebanyak ini kepadaku??”.

Itulah hebatnya hadiah mampu mencairkan permasalahan yang membatu bahkan nampaknya tidak akan ada jalan keluar sama sekali, meskipun tidak mesti hadiah itu berupa barang mewah atau mahal.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تهادوا تحابوا

“Saling memberilah hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai.”
(HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594)

Wahai orangtua, anda ingin anak-anak yang sedang menuntut ilmu di pesantren atau sekolah semangat belajar?.

Membanggakan anda berdua?.

Menjadi sebab lancarnya usaha dan bisnis anda?.

Berikanlah hadiah kepada anak-anak anda!, ketika mereka selesai ujian atau ada sesuatu sebab yang membanggakan anda sebagai orangtua.

Namun perlu di perhatikan oleh orangtua, hendaknya dalam memberikan hadiah kepada anak-anak anda bekerjasamalah dengan sekolah atau pesantren yang mana anak-anak anda sedang belajar di situ.

Misal anda ingin memberikan hadiah berupa sepatu baru atau semisalnya untuk anak anda yang telah sukses ujian tahfidz satu juz, maka jadikanlah sekolah atau pesantren sebagai wasilah untuk memberikan hadiah dari anda, dengan tujuan agar guru atau ustadz di lembaga tersebut memberikan nasehat bahwa “pemberian ini dari Allah Ta’ala karena prestasimu nak! melalui orangtuamu, jadi tambah semangat belajar ya dan semangat membanggakan orangtua”, dengan jalan demikian in syaa Allah anak anda yang sedang belajar akan lebih menghormati dan mengikuti bimbingan gurunya di sekolah.

Dan hasil dari pemberian hadiah ini akan adanya kerjasama antara sekolah dan orangtua murid serta terjaganya kepercayaan dari kedua belah pihak untuk sama-sama menjadikan anak-anak kita sukses dalam menuntut ilmu dan berguna untuk agama, orangtua dan negaranya.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga para orangtua, ustadz dan guru di sekolah yang anaknya sedang menuntut ilmu. Âmîn

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

***

Disusun di Bumi Allah Pesantren Kampung Santri – Sabtu, 27 Dzulhijjah 1442 H.

Penulis: Abu Salman Al-Kwasayni

Artikel: www.muslimberdikari.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: